Maniatekno

Jumat, 21 Januari 2011

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 13-14

Baca buku teks Using Information Technology 7ed, chapter 6.
Kerjakan soal Pemahaman Bab mulai halaman 369 (mulai page 364 buku bahasa Inggeris):
1. Pembelajaran Tahap 1 (mengisi titik-titik (soal 1-12), pilihan ganda (soal 1-7), dan benar/salah (soal 1-10))
2. Pembelajaran Tahap 2 (soal no.1-10)
3. Pembelajaran Tahap 3 (Pengetahuan Praktis soal no.2 dan no.6; Latihan web no.3)

Pembelajaran tahap 1

Pertanyaan untuk menguji kemampuan anda

1. modem
2. WAN
3. serat optik
4. analog dan digital
5. VPN (Virtual Private Network)
6. server file
7. hub
8. modulasi / demodulasi
9. Bluetooth dan wi-fi
10. antivirus
11. malware
12. etika file-sharing

Pertanyaan pilihan ganda

1. c
2. e
3. d
4. b
5. b
6. c
7. e

Pertanyaan benar/salah

1. B
2. B
3. B
4. B
5. B
6. S
7. B
8. S
9. B
10. S

Pembelajaran tahap 2

1. intranet adalah jaringan privat internal dalam sebuah organisasi yang menggunakan infrastruktur dan standar dari internet dan web, sedangkan ekstranet adalah intranet privat yang tidak hanya menghubungkan personel internal, tetapi juga pemasok terpilih dan pihak-pihak lain yang dipandang strategis.
2. WAN merupakan jaringan komunikasi yang mencakup area geografis yang sangat luas, misalnya pada sebuah Negara atau dunia, sedangkan LAN adalah jaringan lokal yang menghubungkan komputer dan peranti dalam cakupan geografis yang terbatas, misalnya pada satu kantor, satu gedung, atau kumpulan gedung yang berdekatan.
3. bandwidth merupakan salah satu faktor dalam transmisi data karena semakin lebar bandwidth sebuah media, maka transmisi pun bisa berlangsung lebih cepat.
4. firewall adalah sistem perangkat keras dan atau perangkat lunak yang melindungi sebuah komputer atau jaringan dari penyusup.
5. 2G adalah layanan nirkabel digital yang menggunakan jaringan dari menara-menara sel untuk mengirim komunikasi suara dan data melalui gelombang udara dalam bentuk digital. 3G adalah teknologi broadband berbasis standar GSM AS dan mendukung peranti agar selalu on, mampu membawa data dengan kecepatan tinggi, bisa menerima email tanpa lampiran, menyediakan akses internet dan web, menampilkan video berwarna dan gambar tidak bergerak serta bis memainkan musik.
6. pada aringan ring, semua mikrokomputer dan peranti komunikasi lainnya terhubung dalam loop yang kontinu dan pesan berkeliling pada lingkaran sehingga mencapai tempat yang dituju. Pada jaringan bus, terdapat dua titik ujung sehingga bila terdapat pesan yang betabrakan makan pernati harus menunggu beberapa saat untuk mengirim ulang pesan tersebut. Sedangkan pada jaringan star, semua mirkokomputer terhubung ke satu server pusat.
7. spektrum elektromagnetik adalah energi listrik dan energi magnetik yang berjalan dalam bentuk gelombang, termasuk sinyal radio, sinar X, dan sinar radioaktif.
8. protokol mengatur pertukaran data antar kompnen perangkat keras dan atau perangkat lunak dalam jaringan komunikasi.
9. aturan dasar membuat password: jangan memberitahukan username dan password pada siapapun, jangan menggunakan password yang mudah ditebak, serta hindari kata-kata yang mungkin muncul di kamus.
10. enkripsi bermanfaat untuk mencegah akses dari orang yang tidak berhak.

Pembelajaran tahap 3

Pengetahuan praktis

2. modem kabel sering dipakai di daerah pedalaman dan memerlukan kabel koneksi seperti kabel telepon maupun tv kabel. Contohnya internet kabel via telkom harus memiliki sambungan telepon untuk bisa terhubung ke internet. Saya saat ini menggunakan modem kabel via telkom speedy.
6. saya memilih telecommuting daripada berangkat kerja karena dengan telecommuting, segala sesuatu yang harus digunakan untuk berangkat kerja seperti mobil, bensin, waktu, dan lain-lain bisa dihemat. Selain itu, telecommuting menawarkan kepraktisan bagi penggunanya.

Latihan web

3. The Global Positioning System (GPS) is a worldwide radio-navigation system formed from a constellation of 24 satellites and their ground stations.
GPS uses these "man-made stars" as reference points to calculate positions accurate to a matter of meters. In fact, with advanced forms of GPS you can make measurements to better than a centimeter!
In a sense it's like giving every square meter on the planet a unique address.
GPS receivers have been miniaturized to just a few integrated circuits and so are becoming very economical. And that makes the technology accessible to virtually everyone.
These days GPS is finding its way into cars, boats, planes, construction equipment, movie making gear, farm machinery, even laptop computers.
Soon GPS will become almost as basic as the telephone. Indeed, at Trimble, we think it just may become a universal utility.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar