Maniatekno

Jumat, 21 Januari 2011

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 25-26

7. Bahasa mesin

Pertanyaan Benar /Salah
5. B
6. S

Pemeblajaran Tahap 2

4. Lima langkah :
      1. Mengklarifikasi kebutuhan program
Langkah klarifikasi masalah terdiri atas enam langkah kecil : mengklarifikasi tujuan program dan pengguna, output, input, tugas- tugas pemrosesan, mempelajari kemungkinan program dapat bekerja, dan mendokumentasikan analisis.
  1. Mendesain program
Untuk melakukannya hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat algoritma. Programmer menggunakan pemrograman berstruktur untuk membuat program tersebut.
  1. Menulis Program
Penulisan Program disebut coding. Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman yang membentuk program.
  1. Menguji program
Pengujian program meliputi menjalankan berbagai pengujian kemudian menjalankan data yang sebenarnya untuk memastikan program bekerja. Aktivitas utama adalah Desk- Checking dan debugging.
  1. Mendokumentasikan dan memasukkan program
Menulis dokumentasi program merupakan langkah kelima dalam pemrograman. Hasil dokumentasi terdiri atas deskripsi tertulis tentang program dan bagaimana cara menggunakannya.

6.Bug perangkat lunak adalah kesalahan atau error logika yang terjadi dalam pembuatan program yang biasa disebabkan kesalahan pada struktur kontrol. Biasanya ada aktivitas yang dinamakan Debug untuk mencari kesalahan dari logika program tersebut.


  1. Kategori bahasa computer/ Mindmap
1.Bahasa Generasi pertama : Bahasa Mesin
Bahasa mesin adalah bahasa dasar computer dimana hanya terdiri dari digit biner yaitu 1 dan 0.
2.Bahasa Generasi Kedua : Asembli
Bahasa Asembli merupakan bahasa pemrograman level rendah yang dipakai oleh seorang programmer untuk menulis program dengan menggunakan singkatan atau kata yang lebih mudah diingat dibandingkan angka.
3.Bahasa Generasi ketiga : Bahasa Level tinggi atau procedural
Bahasa level tinggi atau procedural/berorientasi objek, mirip dengan beberapa bahasa manusia dan sebagian bahasa procedural tidak tergantung pada mesin sehingga bisa digunakan pada lebih dari satu computer.
4.Generasi Keempat : Bahasa Level sangat tinggi/ Bahasa berorientasi masalah
Dengan bahasa ini pengguna dapat mengembangkan program dengan lebih sedikit perintah dibandingkan dengan bahasa procedural, meskipun memerlukan daya komputasi lebih besar.
            5.Generasi Kelima : Bahasa Alami
Bahasa alami merupakan bagian dari disiplin ilmu yang disebut kecerdasan tiruan.

  1. Pemrograman beroerientasi objek sangat erat hubungannya dengan pemrograman visul karena dengan adanya OOP maka pengguna dapat lebih mudah meminjam, menggunakan dan mengakses dengan meminjam bahasa OOP yang telah ada.
  2. Bahasa Markup adalah jenis coding atau tag yang disisipkan ke dalam teks yang memuat detail tentang struktur dan tampilan teks. Bahasa Markup memiliki kode untuk menunjukkan tata letak dan styling dalam suatu teks file. Sedangkan Script adalah daftar singkat dari perintah yang mengeksekusi sendiri yang ditambahkan dalam halaman web yang melakukan fungsi atau rutin khusus, skrip bisa melakukan pekerjaan sendiri tanpa keterlibatan pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar