Maniatekno

Jumat, 21 Januari 2011

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 21-22

Pembelajaran Tahap 1

1. Masalah kebenaran, keamanan, kualitas hidup, ekonomi, dan politik.
2. Rencana pemulihan dari bencana
3. enkripsi
4. data kotor
5. bug perangkat lunak
6. computer emergency response system
7. bajakan

Pilihan Ganda
1. C
2. C
3. E

Pertanyaan benar/salah
1. S
2. S
3. B
4. S
5. B

Pembelajaran Tahap2
1. Hacker adalah orang yang membobol jaringan karena menganggap itu sebagai tantangan dan tidak merugikan system yang dibobolnya, sedangkan cracker adalah orang yang membobol system keamanan demi mendapatkan informasi yang diinginkannya dan menggunakan informasi itu untuk hal-hal jahat.
2. Contoh data-data kotor : data pegawai yang sudah dipecat, data 50 tahun yang lalu mengenai pegawai, data yang salah ketik.
3. data yang akan dienkripsikan dibuat lalu diterjemahkan ke dalam bahasa dan kode-kode yang hanya bisa dibaca oleh orang-orang tertentu saja yang memiliki penerjemahnya lalu orang tersebut menerjemahkan kode-kode enkripsi tersebut.
4. Kesalahan procedural adalah kegagalan yang terjadi karena seseorang tidak mengikuti prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya.
5. Bencana alam, kejahatan computer, pelaku kejahatan computer, kesalahan dan kecelakaan.
6. Kejahatan computer adalah
1. tindakan melanggar hukum yang dilakukan pada computer dan telekomunikasi.
2. Penggunaan computer atau telekomunikasi untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum.

7. Phising adalah mengirim email palsu yang mengarahkan pengguna email tersebut ke halaman web yang palsu, dan semuanya seolah-olah milik perusahaan yang sah.
8. Memeriksa apakah saya memiliki rekor yang buruk atau pernah melakukan kejahatan computer pada perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya seperti mencuri informasi, merusak system perusahaan, dsb.
9. Tiga cara yang dapat membuktikan akses yang sah pada system computer :
mengotentikasi identitas anda dengan menentukan :
1. apa yang anda miliki.
2. apa yang anda ketahui
3. siapa anda

10. Empat masalah lingkungan yang berhubungan dengan teknologi informasi :
1. Akibat sampingan dari manufacturing.
2. akibat sampingan dari limbah.
3. Kerusakan lingkungan.
4. Risiko dari teknologi nano.

11. Pembagian digital adalah pembagian yang terjadi karena masalah antara ekonomi rendah dan ekonomi tinggi dalam menggunakan teknologi informasi.

Pembelajaran Tahap 3

Pengetahuan Praktis
1. Kerugian yang paling kentara saat menggunakan computer adalah saat kehilangan data-data penting dan itu sangat susah untuk dikembalikan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan back-up data.
2. Semua orang boleh berbicara dan mengemukakan pendapat tetapi alangkah baiknya jika tidak menyinggung orang ataupun institusi tertentu sehingga tidak membuat orang tersebut marah. Kita boleh mengkritik tapi jangan mengejek orang tersebut. Isi pesan harus disensor apabila memang ada membocorkan suatu rahasia maupun menyinggung orang ataupun institusi tertentu.

Latihan Web

3.Ada masalah dengan internet terutama masalah menyangkut keamanan privasi dan virus. Sekarang internet banyak digunakan oleh pihak-pihak jahat yang ingin mengambil data pribadi dan menyalahgunakannya hal ini harus cepat diatasi dan harus segera dibasmi dengan memperketat system keamanan jaringan serta computer pribadi agar tidak kecolongan. Untuk masalah virus kita harus mengetahui anti-virus mana yang paling ampuh dan terpercaya untuk membasmi virus-virus tersebut.
4. Menurut saya, lebih baik kita menggunakan computer seperlunya saja jangan berlebihan kecuali karena tuntutan pekerjaan. Karena banyak sekali orang sekarang menghabiskan waktu berjam-jam di depan computer untuk bermain, berselancar di internet, maupun membalas email-email yang kurang penting. Hal ini tentu akan membuat waktu dalam hidup tidak akan menjadi efektif. Serta perlu diingat bahaya adanya radiasi serta beberapa penyakit karena penggunaan computer yang terlalu lama, karena itu perlu ada batasan dalam penggunaan computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar