Maniatekno

Jumat, 21 Januari 2011

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 1-2

Jawaban Pembelajaran Tahap 1:

Pertanyaan untuk Menguji Kemampuan Anda
1. World Wide Web (www)
2. PC desktop dan PC tower
3. komunikasi
4. komputer
5. internet
6. multimedia
7. superkomputer
8. mikrokontroler
9. aplikasi
10. primer dan sekunder
11. jaringan
12. operasi input, operasi pemrosesan, operasi penyimpanan, dan operasi output
13. ENIAC
14. monitor
15. silikon
16. hardware
17. keyboard dan mouse
18. prosesor atau CPU
19. 1 milyar

Pertanyaan Pilihan Ganda
1. b. monitor
2. c. mikrokontroler
3. c. floppy-disk drive
4. b. miniaturisasi, d. ketrejangkauan, e. penambahan kecepatan
5. c. pemrogaman
6. c, ramalan cuaca
7. d. program pengolah kata
8. c. motherboard
9. c. satu triliun karakter
10. b. alat output

Pertanyaan Benar/Salah
1. B
2. S
3. B
4. B
5. S
6. B
7. B
8. S
9. S
10. S
11. S
12. B
13. B
14. B

Pembelajaran Tahap 2

1. Online adalah menggunakan komputer atau sumber informasi lain yang terhubung ke jaringan untuk mengakses informasi dan layanan dari komputer lain atau sumber informasi lainnya.
2. Perbedaan perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi: perangkat lunak sistem berfungsi untuk membantu komputer mengerjakan tugas operasional utama, sedangkan perangkat lunak aplikasi berfungsi untuk membantu mengerjakan tugas tertentu seperti memecahkan masalah, mengerjakan tugas, atau sekadar mencari hiburan.
3. Cyberspace atau dunia maya adalah istilah yang tidak terbatas pada dunia online dan internet khususnya, tetapi juga dunia komunikasi kabel dan nirkabel secara umum sebagai area nonfisik yang diciptakan oleh sistem komputer dan komunikasi.
4. Perbedaan antara perangkat keras dan perangkat lunak: perangkat keras adalah semua mesin dan peralatan pada komputer, sedangkan perangkat lunak atau program terdiri dari intruksi-instruksi elektronik yang meminta komputer mengerjakan tugas-tugas tertentu setahap demi setahap.
5. LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang biasanya terhubung oleh kabel, terdiri dari sekumpulan PC desktop dan alat lain, seperti printer, yang berlokasi di kantor atau gedung.
6. Multimedia (berasal dari kata multi/banyak) adalah teknologi yang menyajikan informasi pada lebih dari satu media, seperti teks, gambar, video, suara, dan animasi, dalam satu bentuk komunikasi terintegrasi.
7. Perbedaan mikrokomputer dan supercomputer: mikrokomputer atau PC berharga 500-5000 dolar, banyak dipakai pengguna awam, serta banyak menggantikan mainframe, sedangkan supercomputer berharga mencapai 350 juta dolar atau lebih, digunakan untuk tugas-tugas yang tidak bisa ditangani mainframe atau mesin yang lebih rendah seperti untuk riset, peramalan cuaca, dan mendesain pesawat terbang.
8. RAM berfungsi untuk menyimpan data yang hendak diproses serta menyimpan informasi hasil pemrosesan sebelum terkirim ke output dadn alat penyimpan sekunder.
9. Download adlah mengambil data dari komputer yang berada jauh di seberang sana untuk disimpanke komputer kita.
10. Konektivitas terkait dengan hubungan antara komputer yang satu dengan komputer lainnya menggunakan jalur komunikasi untuk menyediakan akses informasi secara online dan atau bagi-pakai komponen.
11. Dengan teknologi informasi, kita dapat mencari pekerjaan yang kita inginkan. Kita hanya tinggal mencari lowongan pekerjaan di website seperti www.nationjob.com, www.fedworlds.com, dan lain sebagainya. Namun bila kita belum tau pasti apa pekerjaan yang cocok dengan latar belakang pendidikan kita, maka kita dapat mengunjungi situs-situs tertentu yang dapat menampilkan CV kita. dengan kata lain, CV kitalah yang dicari oleh perusahaan yang bersangkutan.
12. Email merupakan surat elektronik yang sangat popular sejak awal mula peluncurannya. Bahkan jumlah pengguna email telah jauh melampaui jumlah pengguna alat komunikasi lainnya, yakni telepon dan surat pos. Namun hal ini bukan berarti bahwa kita mutlak harus menggunakan email untuk menghubungi keluarga atau kerabat kita, karena pada dasarnya baik email, telepon dan surat pos memiliki fungsinya masing-masing. Kita harus memperhitungkan jarak dan kondisi orang yang ingin kita hubungi. Email digunakan untuk menghubungi teman atau kerabat kita yang memiliki internet, telepon dapat digunakan dalam keadaan mendesak atau keadaan darurat, sedangkan surat pos sebaiknya digunakan untuk menghubungi kerabat yang tinggal jauh di pedalaman dimana daerah tersebut belum terjangkau oleh telepon dan internet.

Pengetahuan praktis

6. Masalah harga komputer yang semakin murah memang telah menjadi problem tersendiri bagi para pengguna komputer, bail PC maupun notebook. Sebagian menyikapi dengan selalu mencari tahu tentang perkembangan komputer dan rela meng-upgrade komputernya berulang kali agar komputer yang dimilikinya selalu up-to-date. Sementara itu, para pemilik komputer lainnya tidak peduli dengan perkembangan komputer terutama di bagian software sehingga mereka tidak meng-upgrade komputernya sejak pembelian. Dunia teknologi komputer memang selalu dinamis, baik dalam perubahan harga yang makin menurun maupun versi software yang selalu diperbaharui. Para “penyuka” upgrade program pun memiliki masalah tersendiri yakni harga yang kian menurun. Misalnya, software yang baru dirilis pasti akan memiliki harga cukup mahal. Namun setelah beberapa bulan, seringkali akan muncul software yang sama namun dalam bentuk free-ware. Namun sebenarnya kapan pun kita meng-upgrade komputer kita, meskipun memang bermasalah mengenai jumlah uang yang kita keluarkan, terima saja apa adanya. Bila kita memiliki uang lebih, maka boleh-boleh saja bila mau meng-upgrade dengan versi yang lebih baru.

9. bukan hal yang tidak mungkin bahwa di jaman mendatang, fungsi komputer akan menjadi mutlak dalam kehidupan manusia. Tidak akan ada lagi benda yang disebut buku, majalah, koran, telepon, PDA, TV, VCR, DVD player, stereo set, serta alat elektronik lainnya. Semuanya itu akan dilebur menjadi satu dalam bentuk komputer. Hal ini telah diperkirakan dari bertahun-tahun yang lalu dan diwujudkan dalam bentuk film fiksi ilmiah. Sebut saja film Back to the Future hingga The Matrix yang secara tidak langsung telah menggambarkan bagaimana kehidupan manusia di abad 22 dan seterusnya. Memang, bila segala kebutuhan manusia dapat diatur oleh komputer, maka kehidupan akan menjadi lebih mudah. Namun, lama-kelamaan hal ini akan membuat manusia menjadi malas bahkan ada kemungkinan komputer akan menjadi lebih cerdas daripada manusia. Dengan kata lain, di masa mendatang kehidupan manusai akan diatur penuh oleh komputer. Kemungkinan yang paling parah adalah ras manusia akan punah dan digantikan oleh ras baru yakni ras komputer dalam bentuk mesin (merujuk pada film The Matrix).

Latihan Web:

6. a. Gordon Moore adalah peraih gelar PhD bidang fisika dan kimia dari Caltech. Saat bekerja di Fairchild Semiconductor, ia menulis sebuah artikel berjudul “Cramming More Components Onto Integrated Circuits” di majalah Electronics No. 8 Volume 38 pada 19 April 1965: The complexity for minimum component costs has increased at a rate of roughly a factor of two per year ... Certainly over the short term this rate can be expected to continue, if not to increase. Over the longer term, the rate of increase is a bit more uncertain, although there is no reason to believe it will not remain nearly constant for at least 10 years. That means by 1975, the number of components per integrated circuit for minimum cost will be 65,000. I believe that such a large circuit can be built on a single wafer. Tulisannya inilah yang disebut sebagai Hukum Moore. Setelah itu, Gordon Moore bersama Robert Noyce mendirikan Intel pada tahun 1968.
b. Isi hokum Moore adalah jumlah transistor dalam sebuah chip akan berlipat ganda setiap dua tahun
c. Menurut hokum Moore, penggandaan transistor menghasilkan lebih banyak fitur, peningkatan kinerja, dan penurunan biaya untuk setiap transistor. Namun seiring dengan kian mengecilnya ukuran transistor, peningkatan daya dan panas menjadi masalah yang kian berkembang.
d. Menurut artikel yang ditulis oleh Moore, hokum Moore dijamin benar dalam waktu 10 tahun. Namun, di depan International Solid State Circuits Conference (ISSCC) pada 10 Februari 2003 dalam presentasi berjudul No “Exponential Forever, But We Can Delay Forever”. Moore mengakui, prediksinya tidak selamanya akurat. Meski demikian, Hukum Moore terus dipelajari dan menjadi kajian yang penting.
e. Kini, Hukum Moore bukan sekadar prediksi dan hasil pengamatan saja, bahkan telah dijadikan target dan tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan industri semikonduktor. Peneliti di industri prosesor berusaha mewujudkan Hukum Moore dalam pengmbangan produknya. Dengan kata lain, Hukum Moore mampu mengendalikan laju peningkatan jumlah transistor pada keeping IC serta mampu mengendalikan semua orang untuk bersama-sama mengembangkan prosesor.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 3-4

Baca buku teks Using Information Technology 7ed, chapter 2.
Kerjakan soal Pemahaman Bab mulai halaman 115 (mulai page 112 buku bahasa Inggeris):
1. Pembelajaran Tahap 1 (mengisi titik-titik (16 soal), pilihan ganda (12 soal), dan benar/salah (10 soal))
2. Pembelajaran Tahap 2 (soal no.1-16)
3. Pembelajaran Tahap 3 (Pengetahuan Praktis soal no.7 dan no.10; Latihan web no.1)

Jawaban:

Pertanyaan untuk menguji kemampuan anda

1. bps, Mbps, Gbps
2. modem kabel
3. satelit komunikasi
4. Internet Service Provider (ISP)
5. window (jendela kecil)
6. flaming
7. browser web
8. server
9. HTTP
10. plug-in
11. spam
12. bandwidth
13. URL
14. Cookies
15. phising
16. key logger

Pertanyaan pilihan ganda

1. b. seribu
2. c. domain
3. d. user ID
4. c. nama browser
5. d. jalur T1
6. b. marahlah jika diperlukan
7. b. SMTP
8. e
9. b. alamat IP
10. e. TCP/IP
11. b. IE
12. b. phising

Pertanyaan Benar/Salah

1. B
2. S
3. S
4. S
5. S
6. B
7. B
8. S
9. B
10. S

Memahami isi bab

1. tiga metode transmisi data yang lebih cepat daripada koneksi internet modem regular adalah jalur ISDN, DSL, dan TI
2. log on adalah membuat koneksi pada komputer remote
3. net-etiket adalah perilaku yang pantas ketika online. Net-etiket penting agar tidak ada pihak yang menjadi sedih atau sakit hati.
4. bandwidth adalah jumlah data (teks, suara, video, dan sebagainya) yang bisa dikirim melalui jalur komunikasi dalam satuan waktu tertentu
5. sebagian besar dokumen web ter-link maksudnya dokumen-dokumen itu saling berhubungan satu sama lain. Jadi, bila kita membuka suatu halaman dokumen web, maka kita juga dapat mengakses halaman dokumen web lain yang terhubung atau ter-link dengan halaman dokumen web semula.
6. modem kabel adalah alat yang menghubungkan komputer pribadi ke sistem TV kabel untuk mendapatkan koneksi internet. Modem kabel mengirimkan data lebih cepat daripada modem standar. Sedangkan DSL adalah tenologi perangkat keras dan perangkat lunak pada kabel telepon biasa untuk mentransmisikan data dengan kecepatan megabit per detik (Mbps). Koneksi DSL lebih cepat daripada koneksi modem regular.
7. pada dasarnya,cara kerja internet adalah upload dan download dengan perantara koneksi kabel atau nirkabel. Upload adalah transmisi data dari komputer lokal ke komputer jarak jauh, misalnya dari PC kita ke situs web, sedangkan download adalah transmisi data dari komputer karak jauh ke komputer lokal, misalnya dari situs web ke PC kita.
8. fungsi tambahan yang terdapat pada IMAP adalah kita dapat mencari pesan-pesan email meski email tersebut masih berada di server sebelum kita mendownloadnya. Dengan kata lain, IMAP memiliki kapabilitas yang lebih luas dibandingkan dengan POP3
9. TCP/IP memungkinkan semua komputer menggunakan data yang ditransmisikan melalui internet dengan menentukan jenis pemeriksaan kesalahan eror yang digunakan, metode kompresi data, bagaimana peranti pengirim memberi tanda bahwa ia telah selesai meneima pesan. TCP/IP membagi sebuah pesan menjadi blok-blok data. IP digunakan untuk mengirim paket melalui internet menuju tujuannya, sedangkan TCP digunakan untuk mengurutkan kembali paket-paket yang telah diterima.
10. ICANN didirikan untuk mengatur nama domain yang mudah dipahami manusia agar pengguna internet terhindar dari penipuan, masalah privasi, perlindungan hak kekayaan intelektual, dan sebagainya.
11. alamat IP dinamik adalah alamat IP yang selalu berubah setiap kali kita terhubung ke internet. Saat kita meminta data dari internet, maka sebenarnya data ditransmisikan ke alamat IP komputer kita. Saat kita memutuskan koneksi internet, ISP mengambil kembali alamat IP yang telah kita gunakan lalu memberikannya kepada pengguna yang lain. Sedangkan alamat IP statis bersifat tetap setiap kali kita log on ke internet. Alamat IP statis umumnya dimiliki oleh situs web organisasi yang telah mapan seperti ISP.
12. blog adalah jurnal internet. Isi blog diperbarui hamper setiap hari dan mencerminkan kepribadian dan sudut pandang blogger atau pemilik blog.
13. Internet sebenarnya tidak dimiliki oleh 1 orang saja, tetapi dimiliki oleh semua penggunanya. Namun setiap pengguna harus mengikuti aturan yang dibuat oleh ISOC.
14. mega portal adalah portal (situs gateway yang berfungsi sebagai ‘situs jangkar’ dan menyediakan dan menyediakan beragam kumpulan layanan dan sumber daya) public, seperti Yahoo!, AOL, Microsoft Network (MSN), Lycos, atau Google. Sedangkan vortal atau vertical portal adalah portal khusus yang hanya mengkhususkan diri pada komunitas tertentu, seperti iVillage.com untuk wanita, Fool.com untuk para investor, Burpee.com bagi para pekebun, dan SearchNetworking.com bagi para administrator jaringan.
15. B2B (business-to-business) commerce adalah penjualan atau pertukaran barang dan jasa secara elektronik dan langsung antarperusahaan sehingga bisa memangkas biaya perantara.
16. ada 3 macam spyware, yaitu adware atau mesin pop-up (spyware yang melacak penjelajahan web atau pembelian online agar para penjual barang/jasa bisa mengirimi kita pop-up dan iklan-iklan tak diundang), browser hijacker (spyware yang dapat dapat mengubah setting browser kita dengan mengganti halaman pertama browser menjadi halaman lain tanpa kita ketahui) dan search hijacker (spyware yang mampu menghadang proses pencarian kita pada mesin pencari sebenarnya lalu menampilkan hasil dari jasa pencarian palsu sehingga hanya berisi situs-situs yang telah dikendalikan), serta key logger atau keystroke logger (spyware yang mampu merekam setiap karakter yang kita ketik lalu mengirimkan informasi tersebut kepada orang lain di internet sehingga membuka peluang bagi orang lain untuk mempelajari password kita dan beragam informasi lain).

Pengetahuan praktis

7. Bila dibandingkan, email dan IM memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Email lebih cocok untuk komunikasi yang sifatnya resmi, sedangkan IM digunakan untuk komunikasi non-resmi. Dalam penggunaannya, berkomunikasi di internet dengan menggunakan email lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lama hingga pesan tersebut dibaca oleh orang yang kita tuju, sedangkan dengan menggunakan IM maka kita dapat berkomunikasi dengan online dan cepat dengan orang yang kita hubungi, sehingga lebih nyaman bila berkomunikasi melalui IM. Bila ada sesuatu yang harus dikerjakan sesegera mungkin, lebih baik menggunakan IM, sedangkan bila sesuatu yang kita tulis akan menjadi buku, maka gunakanlah email untuk mengirimnya. Menurut saya sendiri, antara email dan IM, saya lebih memilih untuk menggunakan IM. Namun hendaknya penggunaan email atau IM disesuaikan dengan kebutuhan kita.

10. Untuk menghindari bahaya-bahaya tersebut, sebaiknya kita perlu mengetahui cara-cara yang dapat digunakan untuk menghindarinya, misalnya dengan mencari info di internet maupun dengan membaca buku. Selain itu, hendaknya kita lebih berhati-hati dalam berinternet agar bahaya-bahaya tersebut tidak samapai mengganggu kepentingan kita sendiri.

Latihan web

1. Contoh situs web yang penuh akan efek multimedia adalah www.friendster.com. Seperti yang telah kita ketahui, situs ini dapat digunakan oleh jutaan user untuk mencari relasi melalui internet. Agar dapat dengan mudah menemukan relasi tersebut, maka disertakan fungsi untuk mendesain sendiri halaman profil pemiliknya. Bagi user yang telah berpengalaman, tentu saja halaman profilnya tidak “kering” alias polos tanpa efek multimedia apapun. Efek-efek tersebut dapat berupa wallpaper animated, media box, application, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh situs web yang “kering” multimedia adalah www.google.com yang merupakan situs portal publik terbaru saat ini. Lain halnya dengan friendster, google memusatkan fungsinya sebagai search engine sehingga memang tidak diperlukan adanya efek-efek multimedia pada halaman webnya.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 5-6

Baca buku teks Using Information Technology 7ed, chapter 3.1 - 3.5.
Kerjakan soal Pemahaman Bab mulai halaman 189 (mulai page 185 buku bahasa Inggris):
1. Pembelajaran Tahap 1 (mengisi titik-titik (soal 1-14), pilihan ganda (soal 1-6), dan benar/salah (soal 1-7))
2. Pembelajaran Tahap 2 (soal no.1-8)
3. Pembelajaran Tahap 3 (Pengetahuan Praktis soal no.3 dan no.4; Latihan web no.3)

Jawaban:

Pembelajaran bab 1

Pembelajaran untuk menguji kemampuan anda

1. sistem
2. program utilitas
3. multitasking
4. fragmentasi
5. pribadi
6. booting
7. defragmentasi
8. sistem operasi
9. window
10. temporer
11. program utama dan program low-level
12. komersial
13. open-source
14. cold dan warm

Pilihan ganda

1. e. semua pilihan di atas
2. b, windows
3. a. linux
4. b. windows XP
5. a. multitasking
6. d. device driver

Pertanyaan benar/salah

1. B
2. S
3. S
4. S
5. S
6. S
7. S

Pembelajaran tahap 2

1. Booting adalah proses penempatan sistem operasi ke memori utama komputer.
2. Untuk menggunakan komputer yang memiliki antarmuka command-driven, harus mengetikkan instruksi yang cukup rumit. Misalnya dengan mengetikkan copy a:\filename c:\ untuk menyalin file dari disket ke hardisk. Sedangkan untuk menggunakan komputer yang memiliki antarmuka grafis (GUI) kita dapat menggunakan mouse atau keyboard untuk memilih ikon serta perintah-perintah yang ada di menu.
3. Komputer tidak bisa dijalankan tanpa perangkat lunak sistem karena komponen utama perangkat lunak sistem yakni sistem operasi merupakan program kendali utama yang menjalankan komputer.
4. Multitasking bermanfaat karena dengan multitasking, komputern dapat beralih antarprogram dengan cepat.
5. Device driver adalah program yang diperuntukkan khusus bagi alat input dan output supaya bisa berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya sehingga sistem operasi komputer dapat mengenali dan menjalani perangkat keras periferal.
6. Program utilitas adalah komponen sistem operasi untuk menjalankan tugas-tugas terkait dengan kontrol dan alokasi sumber daya komputer.
7. Platform adalah model prosesor dan sistem operasi yang digunakan sebagai basis sebuah komputer.
8. Tiga komponen perangkat lunak sistem adalah sistem operasi (komponen utama perangkat lunak sistem), device driver (untuk membantu komputer mengontrol perangkat periferal), dan program utilitas (untuk mendukung, mempeluas, dan meningkatkan kapabilitas program komputer yang telah ada).

Pembelajaran tahap 3

Pengetahuan praktis

3. Ya, saya setuju dengan pernyataan bahwa data dan pemrosesan komputer akan terus meningkat dalam ribuan, atau jutaan, komputer yang terkoneksi sehingga Microsoft atau perusahaan lainnya tidak akan bisa mendominasi karena dunia IT berkembang pesat sehingga lama-kelamaan perkembangannya itu tidak akan bisa dikontrol. Makin banyak kaum muda yang tertarik dalam bidang IT dan berniat untuk mengembangkannya. Di masa mendatang, perusahaan besar seperti Microsoft tidak akan dapat mendominasi IT karena akan muncul perusahaan-perusahaan IT baru yang bahkan lebih unggul dari perusahaan sekarang seperti Microsoft.

4. Menurut pendapat saya, Linux di masa depan akan mampu menggantikan Microsoft Windows dalam mendominasi dunia operating system. Linux memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memodifikasi sistem operasinya tanpa mengambil hak cipta dari produsen Linux sendiri sehingga para pengguna akan ditantang kreatifitasnya dalam bidang sistem operasi. Selain itu, Linux yang dibuat untuk dipakai di internet lebih tangguh dalam bidang aplikasi online. Perusahaan yang telah membuat aplikasi berbasis Linux antara lain Red Flag Software Company dan Red Hat Software di Cina, Wal-Mart, dan Lycoris. Sedangkan perusahaan yang mengadopsi Linux sebagai sistem operasinya antara lain IBM, Red Hat, Motorola Computing, Panasonic, Sony, dan banyak perusahaan lainnya.

Latihan web

3. Patch Windows merupakan paket-paket upgrade dalam ukuran kecil. Dengan menginstal patch, maka sama saja kita telah mengupdate sebagian dari sistem operasi di komputer sehingga kita akan mendapatkan fitur-fitur baru dalam program. Hal ini akan semakin membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Saya tidak membutuhkan patch karena patch tersebut belum tentu sesuai dengan sistem operasi di komputer dan belum tentu dibutuhkan sehingga sering menimbulkan masalah.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 7-8

Baca buku teks Using Information Technology 7ed, chapter 3.6 - 3.10.
Kerjakan soal Pemahaman Bab mulai halaman 189 (mulai page 185 buku bahasa Inggeris):
1. Pembelajaran Tahap 1 (mengisi titik-titik (soal 15-27), pilihan ganda (soal 7-11), dan benar/salah (soal 8-16))
2. Pembelajaran Tahap 2 (soal no.9-18)
3. Pembelajaran Tahap 3 (Pengetahuan Praktis soal no.8 dan no.11; Latihan web no.8)

Pembelajaran tahap 1

Pertanyaan untuk menguji kemampuan anda

15. pengolah kata
16. scrolling
17. insert, delete, find, replace
18. grid
19. kursor
20. lisensi perangkat lunak
21. key
22. desktop publishing
23. spreadsheet
24. wordwrap
25. default setting
26. public-domain
27. device driver

Pertanyaan pilihan ganda

7. c. penyusutan struktur
8. b. pop-in menu
9. b. alamat sel
10. b. antarmuka grafis
11. c. public-domain perangkat lunak

Pertanyaan benar/salah

8. B
9. B
10. S
11. B
12. B
13. S
14. S
15. B
16. S

Pembelajaran tahap 2

9. Perangkat lunak open-source adalah perangkat lunak yang dapat di-download dari internet secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai perbaikan yang telah disarankan, namun perubahan tersebut tidak boleh dipatenkan sehingga bisa diakses orang lain serta tetap berada di public domain.
10. Defragmentasi adalah proses pencarian data-data yang tersebar acak pada saat penyimpanan data baru pada ruang-ruang disk yang kosong dan mengatur ulang lokasinya agar menjadi berurut.
11. Embedded system adalah sistem komputer khusus sebagai bagian dari sistem atau mesin yang lebih besar, umumnya digunakan pada mobil, pesawat terbang, kereta api, pesawat ruang angkasa, alat-alat bermesin, arloji, alat rumah tangga, ponsel, PDA, dan robot.
12. a. perangkat lunak manajemen proyek berfungsi untuk merencanakan dan menjadwalkan orang-orang, biaya, dan sumber daya lain yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek agar tepat waktu.
b. perangkat lunak desktop-publishing berfungsi untuk mengatur karakteristik tipografi dan pekerjaan yang penuh warna.
c. perangkat lunak database berfungsi untuk membuat dan mengelola struktur database serta untuk mengakses data.
d. perangkat lunak spreadsheet berfungsi untuk membuat tabel dan penjadwalan finansial dengan cara memasukkan data dan rumus-rumus ke dalam baris dak kolom yang terbentuk sebagai grid di layer.
e. perangkat lunak pengolah kata berfungsi untuk membuat, meng-edit, format, mencetak, dan menyimpan materi teks.
13.
14. pop-up menu berisi sederet perintah di layar bagian mana saja ketika anda mengklik kanan mouse, pull-down menu berisi sekumpulan perintah yang ditarik dari menu bar di layer bagian atas, sedangkan cascading menu merupakan menu baru yang muncul ketika memilih salah satu perintah.
15. impor file adalah proses pengambilan data dari sumber lain kemudian mengubahnya dalam bentuk yang kompatibel dengan program yang sedang dijalankan, sedangkan ekspor file adalah pengubahan data ke dalam bentuk yang bisa digunakan di program lain lalu ditransmisikan.
16. program menggambar membuat para pengguna bisa mendesain dan mengilustrasikan objek atau produk dalam bentuk gambar vector, sedangkan program untuk mewarnai membuat pengguna dapat melakukan simulasi warna di layar yang menghasilkan gambar bit-map atau gambar raster yang tersusun dari titik-titik kecil.
17. program computer-aided design (CAD) ditujukan untuk mendesain produk, struktur, gambar teknik sipil, dan peta.
18. site license berarti perangkat lunak dapat digunakan pada seluruh komputer di lokasi tertentu, concurrent-use license berarti sejumlah salinan perangkat lunak dapat digunakan pada waktu yang sama, multiple-user license berarti membatasi jumlah orang yang bisa menggunakan perangkat lunak tersebut, sedangkan single-user license berarti hanya satu orang pengguna dalam satu waktu

Pembelajaran tahap 3

Pengetahuan praktis

8. Jika saya membeli komputer baru, maka yang pertama kali saya lakukan adalah menginstal sistem operasi seperti Windows, perangkat lunak anti virus, baru kemudian menginstal perangkat lunak aplikasi, seperti:
a. perangkat lunak produktivitas (seperti Microsoft Office, browser web, aplikasi pemrograman) karena perangkat lunak ini menunjang dan membantu dalam menyelesaikan tugas dan pembelajaran di masa kuliah.
b. perangkat lunak khusus (seperti Adobe Photoshop, MPEG Encoder, Winamp, dan lain sebagainya) karena saya senang memutar maupun meng-edit file multimedia.
c. perangkat lunak untuk hiburan (game) karena saya suka bermain game komputer.

11. Desktop publishing dapat dikerjakan di rumah untuk keperluan pribadi. Untuk mengerjakannya, maka kita harus membeli printer laser dan program khusus DTP seperti Quark XPress, Adobe In Design, dan Adobe PageMaker.

Latihan web

8. Dengan fitur konversi file di Microsoft Word maupun Microsoft Power Point menjadi format HTML, maka kita dapat dengan mudah mendesain halaman web sendiri dan dapat dengan mudah memasukkan file teks dan slide ke dalam web. Sebagai contoh, untuk melihat slide materi kuliah di BinusMaya, kita tidak perlu menyimpan file slide ke komputer, tetapi cukup dengan membukanya saja di browser web sehingga dapat pula menghemat memori komputer yang besarnya terbatas.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 9-10

Baca buku teks Using Information Technology 7ed, chapter 4.
Kerjakan soal Pemahaman Bab mulai halaman 251 (mulai page 248 buku bahasa Inggeris):
1. Pembelajaran Tahap 1 (mengisi titik-titik (soal 15), pilihan ganda (soal 1-9), dan benar/salah (soal 1-10))
2. Pembelajaran Tahap 2 (soal no.1-14)
3. Pembelajaran Tahap 3 (Pengetahuan Praktis soal no.4 dan no.5; Latihan web no.2)

Pembelajaran tahap 1

Pertanyaan untuk menguji kemampuan anda

1. kilobyte, megabyte, gigabyte
2. chip
3. baca (read), tulis (write)
4. backup
5. land dan pit
6. chip mikroprosesor / CPU
7. bus
8. serial, parallel
9. head baca/tulis
10. RAM
11. aritmatika, logis
12. byte
13. paritas
14. transistor
15. chip memori flash

Pertanyaan pilihan ganda

1. d
2. c
3. c
4. c
5. d
6. d
7. a
8. e
9. b

Pertanyaan benar/salah

1. S
2. B
3. B
4. S
5. B
6. S
7. B
8. B
9. S
10. S

Pembelajaran tahap 2

1. ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah kode biner yang dipakai mikrokomputer secara luas.
2. pengguna komputer perlu mengetahui ukuran-ukuran kapasitas/kecepatan karena
3. RAM (Random Access Memory) penyimpan primer atau memori utama, bersifat volatile. Sedangkan ROM (Read Only Memory) bersifat non-volatile, tidak dapat ditulisi atau dihapus oleh pengguna komputer tanpa alat-alat khusus.
4. istilah megahertz penting karena semakin tinggi nilai megahertz maka semakin cepat pula pemrosesan data di komputer.
5. motherboard adalah papan sirkuit utama pada CPU. Komponen motherboard antara lain: chip mikroprosesor, chip RAM, sound card, VGA card, dan lain-lain
6. penyimpan backup yang mudah dan nyaman digunakan antara lain server, CD/DVD, Zip Disk, memori flash/pemutar MP3 karena media tersebut dapat menyimpan backup data kita dalam wantu yang lama sehingga data kita tidak akan mudah hilang/rusak
7. komputer harus mudah diekspansi untuk memudahkan dalam upgrade maupun penambahan fitur baru dalam komputer
8. 3 contoh penggunaan smartcard adalah kartu kredit, kartu mahasiswa, dan kartu kunjungan ke gedung
9. teknologi nano adalah teknologi yang beroperasi pada tingkatan atom dan molekul
10. sekring bermanfaat untuk melindungi peralatan-peralatan dari listrik yang arus naik, stavoll bermanfaat untuk melindungi peralatan dari arus listrik yang tidak stabil, sedangkan UPS bermanfaat sebagai cadangan baterai bila listrik tiba-tiba mati sehingga kita masih dapat menyimpan pekerjaan kita dahulu.
11. sistem biner adalah sistem yang digunakan sebagai representasi data di komputer, hanya memakai dua digit yakni 0 dan 1. pada komputer, 0 berarti listrik mati sedangkan 1 berarti listrik hidup. Jadi, semua data dan instruksi program yang ditangani komputer direpresentasikan dengan angka-angka biner.
12. Unicode adalah skema pengkodean biner yang menggunakan 2 byte (16 bit) untuk setiap karakter. Sedangkan ASCII adalah kode biner yang dipakai mikrokomputer.
13. silikon digunakan dalam pembuatan mikroprosesor karena silikon bersifat semikonduktor sehingga untuk membuat sirkuit elektronik IC, material yang bersifat konduktif cukup ditempatkan di atas silicon.
14. manfaat blu-ray adalah mampu merekam, menulis ulang, dan memutar video HD serta bisa pula dipakai untuk menyimpan data yang berukuran sangat besar.

Pembelajaran tahap 3

Pengetahuan praktis

4. perangkat kuno lain yang akan tergusur adalah zip disk.

5. jumlah manusia yang dapat dimasukkan ke sebuah hardisk 120 GB = 120000 MB/800 MB = 1200/8 = 150 orang.

Latihan web

2. PC ideal saya yang saya temukan di www.dell.com berharga $399. Bila merakit sendiri PC yang diinginkan, tentu saja akan mengurangi pengeluaran karena kita dapat memilih sendiri komponen apa yang kita inginkan sesuai dengan harganya.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 11-12

Baca buku teks Using Information Technology 7ed, chapter 5.
Kerjakan soal Pemahaman Bab mulai halaman 309 (mulai page 305 buku bahasa Inggeris):
1. Pembelajaran Tahap 1 (mengisi titik-titik (soal 1-15), pilihan ganda (soal 1-5), dan benar/salah (soal 1-13))
2. Pembelajaran Tahap 2 (soal no.1-10)
3. Pembelajaran Tahap 3 (Pengetahuan Praktis soal no.2 dan no.7; Latihan web no.9)

Pembelajaran tahap 1

Pertanyaan untuk menguji kemampuan anda

1. dumb
2. impact dan non-impact
3. ergonomi
4. trackball
5. perangkat keras input output
6. biometric
7. cathode-ray tube
8. liquid crystal display
9. PDL (page description language)
10. video conference
11. aktif dan pasif
12. CTS (carpal tunnel syndrome)
13. DPI atau dot per inch
14. impact
15. laser

Pertanyaan pilihan ganda

1. c
2. e
3. e
4. d
5. b

Pertanyaan benar/salah

1. B
2. B
3. S
4. S
5. B
6. B
7. B
8. S
9. S
10. S
11. S
12. S
13. B

Pembelajaran tahap 2

1. dumb terminal biasanya digunakan oleh pegawai reservasi pesawat untuk mengakses komputer mainframe berisi informasi penerbangan
2. karakteristik yang menentukan tingkat ketajaman layar komputer adalah dot pitch, resolusi, kedalaman warna atau color depth, dan refresh rate.
3. pemiindaian sangat bermanfaat untuk memindai barcode (barcode barang di supermarket) dan memindai media cetak (scanner).
4. entri data sumber adalah data yang akan dimasukkan ke dalam komputer untuk diproses
5. piksel (picture element) adalah unit terkecil pada layar yang dapat dibuat on dan off atau memiliki tingkat kegelapan berbeda.
6. RSI (repetitive stress/strain injury) adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, dan leher kareba otot-ototnya harus bekerja cepat dan berulang. Sedangkan CTS (carpal tunnel syndrome) adalah kondisi lemah disebabkan oleh tekanan pada saraf tengah di pergelangan tangan, sehingga memunculkan sakit pada jaringan saraf dan otot (tendon) tangan. Kedua penyakit ini merupakan masalah karena seringkali menimpa kebanyak pengguna komputer sehingga akan mengurangi efisiensi kerja.
7. huruf (font) adalah karakter abjad yang dibaca oleh komputer sebagai kode (misalnya kode ANSI atau ASCII)
8. jenis-jenis printer adalah printer impact (membentuk karakter atau gambar dengan mekanisme tertentu, misalnya print hammer atau bola pada pita bertinta, sehingga memunculkan gambar ke kertas) dan printer non-impact (membentuk karakter dan gambar tanpa –perlu kontak fisik langsung antara mekanisme pencetakan dan kertas). Printer non-impact sendiri terbagi menjadi 5 macam, yaitu printer laser (mencetak gambar sebagai kumpulan dot), printer inkjet (menebarkan cairan tinta yang dialiri listrik dari empat nozzle dalam bentuk matriks berkecepatan tinggi ke atas kertas), printer termal (menggunakan kertas khusus yang bisa berwarna lebih gelap jika dikenai panas), printer termal transfer-wax (mencetak tinta berbasis wax ke atas kertas), dan printer foto (mesin khusus untuk mencetak foto berukuran tertentu dengan menggunakan kertas khusus yang bisa diwarnai dan pita khusus berwarna transparan).
9. monitor CRT adalah monitor dengan tabung hampa yang digunakan sebagai layar komputer atau terminal video, sedangkan monitor LCD lebih tipis, lebih ringan dan irit daya; terbuat dari dua piringan kaca yang dipisahkan oleh sebuah lapisan tempat manipulasi cahaya.
10. OCR (optical character recognition) berfungsi untuk mengubah teks yang dipindai dari bentuk gambarnya (gambar teks tersebut) ke dalam format teks yang bisa di-edit (biasanya ASCII) sehingga bisa diimpor dan diubah-ubah di aplikasi pngolah kata.

Pembelajaran tahap 3

Pengetahuan praktis

2. menurut saya, paperless office merupakan ide yang bagus. Hal ini berarti akan mengurangi penggunaan kertas sehingga secara tidak langsung akan mengurangi sampah. Ide ini sangat mungkin dilakukan karena perkembangan dunia komputer yang sangat pesat. Untuk saat ini, hal ini belum bisa tercapai karena masih banyak pihak yang menginginkan file dalam bentuk media cetak (kertas) karena mereka beranggapan bila data tersebut dalam bentuk softcopy akan cepat rusak/hilang.

7. teknologi biometric yang saya pilih adalah intonasi suara. Menurut saya, yang akan popular di masa depan adalah identifikasi retina.

Latihan web

9. huruf di layar komputer merupakan kumpulan kode-kode biner yang dapat dibaca oleh komputer (seperti ASCII) sedangkan huruf di printer merupakan bentuk asli kode-kode biner tersebut. WYSIWYG merupakan kepanjangan dari What You See Is What You Get, umum digunakan dalam dunia komputer untuk menjelaskan tentang hal yang dilihat di komputer sama seperti hasil inputnya.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 13-14

Baca buku teks Using Information Technology 7ed, chapter 6.
Kerjakan soal Pemahaman Bab mulai halaman 369 (mulai page 364 buku bahasa Inggeris):
1. Pembelajaran Tahap 1 (mengisi titik-titik (soal 1-12), pilihan ganda (soal 1-7), dan benar/salah (soal 1-10))
2. Pembelajaran Tahap 2 (soal no.1-10)
3. Pembelajaran Tahap 3 (Pengetahuan Praktis soal no.2 dan no.6; Latihan web no.3)

Pembelajaran tahap 1

Pertanyaan untuk menguji kemampuan anda

1. modem
2. WAN
3. serat optik
4. analog dan digital
5. VPN (Virtual Private Network)
6. server file
7. hub
8. modulasi / demodulasi
9. Bluetooth dan wi-fi
10. antivirus
11. malware
12. etika file-sharing

Pertanyaan pilihan ganda

1. c
2. e
3. d
4. b
5. b
6. c
7. e

Pertanyaan benar/salah

1. B
2. B
3. B
4. B
5. B
6. S
7. B
8. S
9. B
10. S

Pembelajaran tahap 2

1. intranet adalah jaringan privat internal dalam sebuah organisasi yang menggunakan infrastruktur dan standar dari internet dan web, sedangkan ekstranet adalah intranet privat yang tidak hanya menghubungkan personel internal, tetapi juga pemasok terpilih dan pihak-pihak lain yang dipandang strategis.
2. WAN merupakan jaringan komunikasi yang mencakup area geografis yang sangat luas, misalnya pada sebuah Negara atau dunia, sedangkan LAN adalah jaringan lokal yang menghubungkan komputer dan peranti dalam cakupan geografis yang terbatas, misalnya pada satu kantor, satu gedung, atau kumpulan gedung yang berdekatan.
3. bandwidth merupakan salah satu faktor dalam transmisi data karena semakin lebar bandwidth sebuah media, maka transmisi pun bisa berlangsung lebih cepat.
4. firewall adalah sistem perangkat keras dan atau perangkat lunak yang melindungi sebuah komputer atau jaringan dari penyusup.
5. 2G adalah layanan nirkabel digital yang menggunakan jaringan dari menara-menara sel untuk mengirim komunikasi suara dan data melalui gelombang udara dalam bentuk digital. 3G adalah teknologi broadband berbasis standar GSM AS dan mendukung peranti agar selalu on, mampu membawa data dengan kecepatan tinggi, bisa menerima email tanpa lampiran, menyediakan akses internet dan web, menampilkan video berwarna dan gambar tidak bergerak serta bis memainkan musik.
6. pada aringan ring, semua mikrokomputer dan peranti komunikasi lainnya terhubung dalam loop yang kontinu dan pesan berkeliling pada lingkaran sehingga mencapai tempat yang dituju. Pada jaringan bus, terdapat dua titik ujung sehingga bila terdapat pesan yang betabrakan makan pernati harus menunggu beberapa saat untuk mengirim ulang pesan tersebut. Sedangkan pada jaringan star, semua mirkokomputer terhubung ke satu server pusat.
7. spektrum elektromagnetik adalah energi listrik dan energi magnetik yang berjalan dalam bentuk gelombang, termasuk sinyal radio, sinar X, dan sinar radioaktif.
8. protokol mengatur pertukaran data antar kompnen perangkat keras dan atau perangkat lunak dalam jaringan komunikasi.
9. aturan dasar membuat password: jangan memberitahukan username dan password pada siapapun, jangan menggunakan password yang mudah ditebak, serta hindari kata-kata yang mungkin muncul di kamus.
10. enkripsi bermanfaat untuk mencegah akses dari orang yang tidak berhak.

Pembelajaran tahap 3

Pengetahuan praktis

2. modem kabel sering dipakai di daerah pedalaman dan memerlukan kabel koneksi seperti kabel telepon maupun tv kabel. Contohnya internet kabel via telkom harus memiliki sambungan telepon untuk bisa terhubung ke internet. Saya saat ini menggunakan modem kabel via telkom speedy.
6. saya memilih telecommuting daripada berangkat kerja karena dengan telecommuting, segala sesuatu yang harus digunakan untuk berangkat kerja seperti mobil, bensin, waktu, dan lain-lain bisa dihemat. Selain itu, telecommuting menawarkan kepraktisan bagi penggunanya.

Latihan web

3. The Global Positioning System (GPS) is a worldwide radio-navigation system formed from a constellation of 24 satellites and their ground stations.
GPS uses these "man-made stars" as reference points to calculate positions accurate to a matter of meters. In fact, with advanced forms of GPS you can make measurements to better than a centimeter!
In a sense it's like giving every square meter on the planet a unique address.
GPS receivers have been miniaturized to just a few integrated circuits and so are becoming very economical. And that makes the technology accessible to virtually everyone.
These days GPS is finding its way into cars, boats, planes, construction equipment, movie making gear, farm machinery, even laptop computers.
Soon GPS will become almost as basic as the telephone. Indeed, at Trimble, we think it just may become a universal utility.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 15-16

BAB 7 TEKNOLOGI PRIBADI
PEMBELAJARAN TAHAP 1
1. Penyatuan beberapa industry-komputer, komunikasi, elektronika rumah tangga, hiburan dan media massa-melalui beragam peranti yang bertukar dat digital disebut konvergensi.
2. Podcast memunhkinkan par deejay dan pehobi amatir membuat pertunjukan radio sendiri lalu menyediakannya secara gratis di internet.
3. Jenis komunikasi yang di gunakan sisitem telepon dan internet adalah model komunikasi switched-network.
4. Titik-titik elektronis penghasil gambar pada kamera digital disebut megapiksel.
5. Melakukan bebeapa tugas dalam sekali waktu disebut multitasking.
6. Peranti genggam portabel yang menyimpan perkakas pengelola keperluan pribadi dinamakan PDA.
7. MP3 adalah format kompresi file audio sehingga dapat dikirimkan melalui internet atau tersimpan dalam file digital.
8. Konversi audio digital dari CD music ke format MP3 dinamakan ripping.
9. HDTV bekerja dengan sinyal, memiliki layar lebar dan resolusi lebih tinggi dari daripada TV standar.
10. Kamera point-and-shoot bisa mengatur setting pencahayaan dan focus secara otomatis.

Pilihan Ganda
1. [ C ] Sampling rate
2. [ B ] XM dan Sirius
3. [ D ] Megapiksel
4. [ E ] semua jawaban benar
5. [ D ] Sinyal mampu mengunci pintu.



Pembelajaran Tahap II
1. Cara kerja radio satelit adalah sinyal digital dikirimkan kepada satelit menuju pelanggan yang punya radio khusus untuk menerjemahkan sinyal terenkripsi. Keuntungannya adalah pelanggan tidak perlu mendengar iklan dan bisa mendengarkan lebih banyak acara daripada stasiun AM / FM.
2. Mash-up adalah teknologi untuk pembuatan aplikasi web yang mengkombinasikan data dari lebih dari satu sumber ke satu tool terintegrasi.
3. Karena MP3 mempunyai kualitas suara yang lebih kecil daripada CD music.
4. Kita menggunakan layanan berbagi foto secara online karena layanan berbasis web ini dapat menyimpan file – file foto terutama yang beresolusi tinggi, serta dapat berbagi dengan teman.
5. Ukuran file MP3 dengan sampling rate saling berhubungan. Ukuran file MP3 yang kecil menyababkan kualitas yang rendah juga. Kualitas tersebut ditentukan oleh sampling rate.
6. Perbedaan antara radio satelit dengan radio high-definition adalah biaya siaran radio high-definition yang gratis dan menggunakan 2 stasiun digital dan 1 stasiun analog.
7. Saya lebih memilih Single-Lens Reflex karena lebih dapat diatur secara manual, kualitas gambar yang lebih baik, dan bisa menentukan viewfinder bagi fotografer.
Pembelajaran Tahap III
3. Pertanyaan yang hendak saya tanyakan adalah, berapa resolusi yang dapat dilakukan kamera ini untuk memotret suatu gambar, Lensa apa yang digunakan, umur baterainya, waktu start-up tidak lebih dari 1-2 detik.
4. Cara mentransfer data dari kamera digital ke computer :
a. Instal drive dan perangkat lunak ke PC.
b. Hubungkan kamera ke PC dengan kabel USB atau firewire.
c. Setelah terhubung, buka perangkat lunaknya dan gunakan untuk mentransfer foto ke computer.


Latihan Web
1. Penggunaan ponsel di pesawat tidak diperbolehkan karena, pesawat terbang modern banyak sekali bergantung pada gelombang radio untuk menjalankan berbagai fungsi, termasuk komunikasi dengan menara kontrol, navigasi dan pengaturan udara di dalam kabin. Interfensi gelombang radio yang berasal dari ponsel dapat mengacaukan fungsi-fungsi ini, selain itu dapat mengganggu sistem navigasi pesawat. Informasi yang dikutip dari BBC News menerangkan, penggunaan ponsel di dalam pesawat boleh dilakukan hanya dalam waktu tertentu, yaitu saat pesawat sudah berada pada ketinggian 3,000 meter atau sekitar 9,800 kaki.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 17-18

TAHAP 1
A. UJI KEMAMPUAN
1. Level data
2. Field
3. Administrator database
4. Hak user
5. Database hierarkis, jaringan, relasional, berorientasi obyek, multidimensional
6. Program, data
7. Kompresi
8. Byte
9. Database
10. Record
15. Pencurian identitas (TOI)
B. PILIHAN GANDA
1. B
2. C
3. B
4. E
5. D
6. C
7. C
C. BENAR/SALAH
1. B
2. S
3. B
4. S
5. B
6. S
7. S
8. S
9. B
12. S

TAHAP 2
1. Tiga tanggung jawab administrator database adalah:
- Memastikan database mempunyai kemampuan untuk diperbaiki, mempunyai integritas, keamanan, ketersediaan, keandalan, dan performa
- Menentukan kebutuhan pengguna (ketika terjadi konflik kebutuhan)
- Membuat dan memonitor cara untuk mencegah akses yang tidak berhak

2. Data mining (DM) adalah proses penyaringan dengan menggunakan computer, dengan cara menganalisis sjumlah besar data untuk mendapatkan pola-pola dan makna tersembunyi dan untuk menemukan pengetahuan baru
3. Database warehouse adalah database yang memuat data dan meta-data (informasi tentang data) yang sudah dibersihkan, yang disimpan dengan menggunakan teknologi penyimpanan disk berkapasitas tinggi.
4. Keuntungan dasar dari DBMS adalah pengulangan data berkurang, integritas data meningkat, keamanan meningkat, dan kemudahan memelihara data
5. File data adalah file yang memuat data, sedangkan file program adalah file yang memuat instruksi perangkat lunak
7. SQL (Stuctured Query Language) adalah bahasa standar yang digunakan untuk membuat, memodifikasi, mendapatkan, dan melakukan query database relasional
QBE (Query By Example) adalah fitur program bahasa query dimana pengguna bisa menggunakannya untuk menghasilkan dokumen yang terlihat pada layar atau yang dicetak dari semua atau sebagian database
9. Yang dapat dilakukan bila telah terjadi pencurian identitas adalah menghubungi institusi yang berkaitan dengan barang yang hilang, memebekukan rekening anda dalam hal kehilangan kartu kredit atau atm
10. 2 masalah yang muncul sehubungan dengan penyimpanan digital jangka panjang adalah daya tahan media penyimpanan pendek dan perangkat keras dan perangkat lunak berumur tua

TAHAP 3
1. Anggap saja sebuah bank.
Record-record yang membentuk database nya adalah record no rekening, nama, jenis kelamin, alamat, status, tempat tanggal lahir, sumber pendapatan, fasilitas yang dipilih, dll.
Departemen yang menggunakannya adalah departemen keuangan, Sumber Daya Manusia, pemasaran, penelitian dan pengembangan
Struktur database yang digunakan adalah database relasionalyang menghubungkan data pada file-file yang berbeda dengan menggunakan sebuah kunci atau elemen data yang umum.
Jenis dan peralatan yang peyimpan yang digunakan adalah terminal, dan peralatannya adalah workstation
Menggunakan server
Perangkat lunak database ada yang mudah dipelajari, misalnya Microsoft Access, dan ada pula yang tidak misalnya ORACLE.
2. Ya, apabila dengan kehilangan beberapa privasi saya memiliki tingkat keamanan yang lebihbaik, hal itu menurut saya baik. Asalkan pemerintah meminta izin terlebih dahulu bila ingin mencari hal pribadi yang lebih jauh lagi. Selama hal itu tidak mengganggu, saya akan mengizinkan pemerintah menyelidiki kehidupan pribadi saya.
5. Yang akan ia kerjakan adalah membantu mengerjakan tugas dan yang akan saya tanyakan adalah seputar tugas-tugas
6. Tidak, karena dalam belanja online kita jg sudah mengeluarkan uang tambahan untuk ongkos kirim, bila ditambah lagi dengan pajak, belanja online akan sepi peminatnya

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 23

Pembelajaran tahap 2

8. E commerce adalah pembelian dan penjualan online atau melalui jaringan komputer. E commerce membentuk kembali keseluruhan industri dan mengubah hal paling mendasar dari sebuah perusahaan. Ada dua e- firm terkenal, salah satunya amazaon.com yang menjual buku dan barang lainnya. Dan yang lainnya Priceline.com yaitu tempat anda bisa menyebutkan harga yang bersedia anda bayarkan untuk tiket pesawat dan kamar hotel.

Pembelajaran Tahap 3

Pengetahuan praktis

6. Tidak harus dikenai pajak karena internet adalah milik semua orang dan bukan milik suatu Negara ataupun suatu badan atau organisasi terntentu. Sehingga tidak ada yang berhak mengambil dari hasil pajak tersebut.

7. Tidak ada. Saya kurang setuju dengan orang-orang seperti ini karena internet sangat diperlukan sekarang ini terutama untuk mengakses informasi, komunikasi, serta pembelajaran. Teknologi janganlah ditolak tetapi justru sebaliknya harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai faedah-faedah yang ada.

Latihan Web

1. Mungkin saya akan memulai B2C karena itu akan sangat menguntungkan dan dapat menjadi usaha sampingan saya. Dimana dengan membuka B2C sendiri kita dapat mendapatkan pengalaman berjualan secara online. Walaupun memang banyak sekali hambatan yang ada untuk dapat memulai bisnis B2C sendiri. Saya rasa tidak ada salahnya untuk mencoba untuk menambah pengalaman.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 20

Baca buku teks Using Information Technology 7ed, chapter 8.6 dan 8.7.
Kerjakan soal Pemahaman Bab mulai halaman 470 (mulai page 459 buku bahasa Inggeris):
1. Pembelajaran Tahap 1 (mengisi titik-titik (soal 11-14, 16-17), pilihan ganda (soal 6-7), dan benar/salah (soal 9-11))
2. Pembelajaran Tahap 2 (soal no.6, 11-15)
3. Pembelajaran Tahap 3 (Pengetahuan Praktis soal no.4 dan no.5; Latihan web no.9)

Pembelajaran tahap 1

Pertanyaan untuk menguji kemampuan anda
11. robot
12. pemroses bahasa alami
13. robotika
14. simulator
16. penelitian dan pengembangan, produksi (operasi), pemasaran dan penjualan, akuntansi dan keuangan, sumber daya manusia, dan sistem informasi (SI)
17. SQL

Pertanyaan pilihan ganda
6. C
7. C

Pertanyaan benar/salah
9. S
10. S
11. B

Pembelajaran tahap 2

6. kegunaan sistem pakar adalah untuk memecahkan masalah yang tidak membutuhkan pendampingan spesialis manusia.
11. kegunaan agen cerdas adalah memonitor pola kerja, mengajukan pertanyaan, dan melakukan beragam pekerjaan semisal roaming jaringan dan mengompilasi data.
12. diperlukan sebuah perangkat lunak dan headgear khusus, sarung tangan dan pakaian khusus.
13. AI lemah menyatakan bahwa komputer bisa diprogram untuk menyimulasikan kesadaran manusia, sedangkan AI kuat menyatakan bahwa komputer bisa dibuat agar berpikir pada tingkat tertentu yang setidaknya sama dengan manusia.
14. bidang-bidang kecerdasan tiruan adalah sistem pakar, pemroses bahasa alami, agen cerdas, pengenal pola, fuzzy logic, realitas virtual dan perangkat simulasi, dan robotika.
15. DSS gunanya untuk menganalisis dan membantu manajer agar fokus pada masa depan, sedangkan ESS berguna untuk mendukung pengambilan keputusan strategis.

Pembelajaran tahap 3

Pengetahuan praktis
4. saya akan mendesain robot pembantu. Robot ini nantinya akan dapat mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, mencuci baju, membersihkan perabotan, dan lain-lain.
5. sistem pakar itu akan menjadi pengolah masalah-masalah keuangan sehingga berguna untuk memecahkan masalah ekonomi di negara kita. Pertanyaan yang mungkin saya ajukan pada pakar adalah ”seperti apa masalah yang umum terjadi di bidang keuangan” dan lain sebagainya.

Latihan web
9. saya sudah berkunjung ke situs tersebut. Apa hal yang perlu dijelaskan? Pertanyaan soal kurang dimengerti.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 21-22

Pembelajaran Tahap 1

1. Masalah kebenaran, keamanan, kualitas hidup, ekonomi, dan politik.
2. Rencana pemulihan dari bencana
3. enkripsi
4. data kotor
5. bug perangkat lunak
6. computer emergency response system
7. bajakan

Pilihan Ganda
1. C
2. C
3. E

Pertanyaan benar/salah
1. S
2. S
3. B
4. S
5. B

Pembelajaran Tahap2
1. Hacker adalah orang yang membobol jaringan karena menganggap itu sebagai tantangan dan tidak merugikan system yang dibobolnya, sedangkan cracker adalah orang yang membobol system keamanan demi mendapatkan informasi yang diinginkannya dan menggunakan informasi itu untuk hal-hal jahat.
2. Contoh data-data kotor : data pegawai yang sudah dipecat, data 50 tahun yang lalu mengenai pegawai, data yang salah ketik.
3. data yang akan dienkripsikan dibuat lalu diterjemahkan ke dalam bahasa dan kode-kode yang hanya bisa dibaca oleh orang-orang tertentu saja yang memiliki penerjemahnya lalu orang tersebut menerjemahkan kode-kode enkripsi tersebut.
4. Kesalahan procedural adalah kegagalan yang terjadi karena seseorang tidak mengikuti prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya.
5. Bencana alam, kejahatan computer, pelaku kejahatan computer, kesalahan dan kecelakaan.
6. Kejahatan computer adalah
1. tindakan melanggar hukum yang dilakukan pada computer dan telekomunikasi.
2. Penggunaan computer atau telekomunikasi untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum.

7. Phising adalah mengirim email palsu yang mengarahkan pengguna email tersebut ke halaman web yang palsu, dan semuanya seolah-olah milik perusahaan yang sah.
8. Memeriksa apakah saya memiliki rekor yang buruk atau pernah melakukan kejahatan computer pada perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya seperti mencuri informasi, merusak system perusahaan, dsb.
9. Tiga cara yang dapat membuktikan akses yang sah pada system computer :
mengotentikasi identitas anda dengan menentukan :
1. apa yang anda miliki.
2. apa yang anda ketahui
3. siapa anda

10. Empat masalah lingkungan yang berhubungan dengan teknologi informasi :
1. Akibat sampingan dari manufacturing.
2. akibat sampingan dari limbah.
3. Kerusakan lingkungan.
4. Risiko dari teknologi nano.

11. Pembagian digital adalah pembagian yang terjadi karena masalah antara ekonomi rendah dan ekonomi tinggi dalam menggunakan teknologi informasi.

Pembelajaran Tahap 3

Pengetahuan Praktis
1. Kerugian yang paling kentara saat menggunakan computer adalah saat kehilangan data-data penting dan itu sangat susah untuk dikembalikan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan back-up data.
2. Semua orang boleh berbicara dan mengemukakan pendapat tetapi alangkah baiknya jika tidak menyinggung orang ataupun institusi tertentu sehingga tidak membuat orang tersebut marah. Kita boleh mengkritik tapi jangan mengejek orang tersebut. Isi pesan harus disensor apabila memang ada membocorkan suatu rahasia maupun menyinggung orang ataupun institusi tertentu.

Latihan Web

3.Ada masalah dengan internet terutama masalah menyangkut keamanan privasi dan virus. Sekarang internet banyak digunakan oleh pihak-pihak jahat yang ingin mengambil data pribadi dan menyalahgunakannya hal ini harus cepat diatasi dan harus segera dibasmi dengan memperketat system keamanan jaringan serta computer pribadi agar tidak kecolongan. Untuk masalah virus kita harus mengetahui anti-virus mana yang paling ampuh dan terpercaya untuk membasmi virus-virus tersebut.
4. Menurut saya, lebih baik kita menggunakan computer seperlunya saja jangan berlebihan kecuali karena tuntutan pekerjaan. Karena banyak sekali orang sekarang menghabiskan waktu berjam-jam di depan computer untuk bermain, berselancar di internet, maupun membalas email-email yang kurang penting. Hal ini tentu akan membuat waktu dalam hidup tidak akan menjadi efektif. Serta perlu diingat bahaya adanya radiasi serta beberapa penyakit karena penggunaan computer yang terlalu lama, karena itu perlu ada batasan dalam penggunaan computer.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 23

Pembelajaran Tahap 1
1. Siklus hidup pengembangan system
6. Sistem

Pilihan Ganda
1. C
2. A
Pernyataan benar/salah
2. S
3. B
4. S

Pembelajaran Tahap 2
1. n
2. Analis system merupakan seorang spesialis untuk mempelajari kebutuhan informasi dan komunikasi suatu organisasi, dan menentukan perubahan apa yang diperlukan untuk mengirimkan informasi yang lebih baik kepada orang yang memerlukan.
3. a. implementasi langsung : pengguna hanya berhenti menggunakan system lama dan mulai menggunakan yang baru.
b. implementasi parallel : system lama dan system baru berjalan berdampingan sampai system baru menunjukkan keandalaannya di saat system lama tidak berfungsi lagi.
c. implementasi bertahap: bagian-bagian dari system baru dibuat dalam fase terpisah entah pada waktu berbeda ataupun sekaligus.
d. implementasi pilot: seluruh system dicoba, namun hanya oleh beberapa pengguna. Setelah keandalannya terbukti baru system tersebut dipakai.
5. 6 langkah SDLC :
1. investigasi awal.
2. analisis sistem
3. desain system
4. pengembangan system
5. implementasi system
6. pemeliharaan system
7. Prototipe adalah system dengan kerja terbatas, atau bagian dari system yang telah dikembangkan untuk menguji konsep-konsep desain. Berguna untuk menemukan dengan cepat bagaimana suatu perubahan dalam system akan menguntungkan mereka.


Pembelajaran Tahap 3

1. perubahan organisasi yang berhubungan dengan CASE :
Manajer IS terpengaruh oleh kondisi lingkungan dan organisasi , mengenal dan mengartikulasi beberapa masalah dengan proses pengembangan sistem. Tanggapannya, manajer memilih untuk menginvestasikan CASE tools sebagai cara untuk mengatasi masalah dan secara tidak sengaja merubah konteks organisasi (Panah Setelah mengartikulasikan masalah dan merumuskan solusi membuat
manajer membeli CASE Tools dan menggunakannya dalam pengembangan sistem Sebagai tambahan, aktivitas manajer dipengaruhi oleh konteks organisasi(Panah 4). Setelah menggunakan CASE Tools, Manajer IS mengambil kebijakan seperti merubah kebijakan IS, operasi dan relasi dengan klien. Dengan dilakukannya hal tersebut, akan mempengaruhi konteks organisasi Aksi yang diambil tadi akan menimbulkan berbagai macam kejadian dan hasil seperti key players diantaranya Manajer IS, pengembang sistem dan klien akan bereaksi terhadap perubahan yang terjadi. Aksi ini juga dipengaruhi oleh konteks organisasi Hal yang serupa juga kembali terjadi, aksi yang diambil oleh manajer, pengembang dan pengguna akan mempengaruhi konteks organisasi.




4. Langkah SDLC yang paling menarik adalah fase ketiga karena fase ini yang paling vital, ada 3 tahap disini yaitu membuat desain kasar, dengan membuat itu seorang analisis akan segera mengevaluasi dan menguji system baru tersebut.Lalu membuat desain yang detail yang meliputi input output, penyimpanan pemrosesan, dan control system serta backup, lalu setelah itu dikemas dalam laporan terperinci.

Latihan Web
1. Sistem management dengan pola Air terjun yang berurutan adalah model proses pembangunan, dalam pembangunan yang dianggap sebagai terus mengalir ke bawah (seperti air terjun) melalui tahapan analisis persyaratan, desain, pelaksanaan, pengujian (validasi), integrasi, dan pemeliharaan. Sedangkan pola spiral yaitu systems development lifecycle (SDLC) model yang digunakan dalam teknologi informasi (IT). Model pengembangan ini menggabungkan model prototipe dan model air terjun. Model spiral dibuat untuk proyek-proyek besar, mahal, dan rumit.

2. Persamaan keduanya memerlukan langkah per langkah untuk melakukan analisis terhadap sesuatu. Perbedaannya SDLC hanya digunakan pada hal yang spesifik yaitu pembuatan program saja sedangkan pada metode ilmiah lebih luas cakupannya seperti penelitian mengenai suatu populasi, bahan kimia, dsb.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 23

Pembelajaran Tahap 1
1. Siklus hidup pengembangan system
6. Sistem

Pilihan Ganda
1. C
2. A
Pernyataan benar/salah
2. S
3. B
4. S

Pembelajaran Tahap 2
1. n
2. Analis system merupakan seorang spesialis untuk mempelajari kebutuhan informasi dan komunikasi suatu organisasi, dan menentukan perubahan apa yang diperlukan untuk mengirimkan informasi yang lebih baik kepada orang yang memerlukan.
3. a. implementasi langsung : pengguna hanya berhenti menggunakan system lama dan mulai menggunakan yang baru.
b. implementasi parallel : system lama dan system baru berjalan berdampingan sampai system baru menunjukkan keandalaannya di saat system lama tidak berfungsi lagi.
c. implementasi bertahap: bagian-bagian dari system baru dibuat dalam fase terpisah entah pada waktu berbeda ataupun sekaligus.
d. implementasi pilot: seluruh system dicoba, namun hanya oleh beberapa pengguna. Setelah keandalannya terbukti baru system tersebut dipakai.
5. 6 langkah SDLC :
1. investigasi awal.
2. analisis sistem
3. desain system
4. pengembangan system
5. implementasi system
6. pemeliharaan system
7. Prototipe adalah system dengan kerja terbatas, atau bagian dari system yang telah dikembangkan untuk menguji konsep-konsep desain. Berguna untuk menemukan dengan cepat bagaimana suatu perubahan dalam system akan menguntungkan mereka.


Pembelajaran Tahap 3

1. perubahan organisasi yang berhubungan dengan CASE :
Manajer IS terpengaruh oleh kondisi lingkungan dan organisasi , mengenal dan mengartikulasi beberapa masalah dengan proses pengembangan sistem. Tanggapannya, manajer memilih untuk menginvestasikan CASE tools sebagai cara untuk mengatasi masalah dan secara tidak sengaja merubah konteks organisasi (Panah Setelah mengartikulasikan masalah dan merumuskan solusi membuat
manajer membeli CASE Tools dan menggunakannya dalam pengembangan sistem Sebagai tambahan, aktivitas manajer dipengaruhi oleh konteks organisasi(Panah 4). Setelah menggunakan CASE Tools, Manajer IS mengambil kebijakan seperti merubah kebijakan IS, operasi dan relasi dengan klien. Dengan dilakukannya hal tersebut, akan mempengaruhi konteks organisasi Aksi yang diambil tadi akan menimbulkan berbagai macam kejadian dan hasil seperti key players diantaranya Manajer IS, pengembang sistem dan klien akan bereaksi terhadap perubahan yang terjadi. Aksi ini juga dipengaruhi oleh konteks organisasi Hal yang serupa juga kembali terjadi, aksi yang diambil oleh manajer, pengembang dan pengguna akan mempengaruhi konteks organisasi.




4. Langkah SDLC yang paling menarik adalah fase ketiga karena fase ini yang paling vital, ada 3 tahap disini yaitu membuat desain kasar, dengan membuat itu seorang analisis akan segera mengevaluasi dan menguji system baru tersebut.Lalu membuat desain yang detail yang meliputi input output, penyimpanan pemrosesan, dan control system serta backup, lalu setelah itu dikemas dalam laporan terperinci.

Latihan Web
1. Sistem management dengan pola Air terjun yang berurutan adalah model proses pembangunan, dalam pembangunan yang dianggap sebagai terus mengalir ke bawah (seperti air terjun) melalui tahapan analisis persyaratan, desain, pelaksanaan, pengujian (validasi), integrasi, dan pemeliharaan. Sedangkan pola spiral yaitu systems development lifecycle (SDLC) model yang digunakan dalam teknologi informasi (IT). Model pengembangan ini menggabungkan model prototipe dan model air terjun. Model spiral dibuat untuk proyek-proyek besar, mahal, dan rumit.

2. Persamaan keduanya memerlukan langkah per langkah untuk melakukan analisis terhadap sesuatu. Perbedaannya SDLC hanya digunakan pada hal yang spesifik yaitu pembuatan program saja sedangkan pada metode ilmiah lebih luas cakupannya seperti penelitian mengenai suatu populasi, bahan kimia, dsb.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 24

Pembelajaran Tahap 1

2. UNIX
3. Pemrograman visual
4. software engineer
5. Algoritma

Pilihan ganda
3. D

Pertanyaan Benar/Salah
1. B

Pembelajaran Tahap 2
4. Lima langkah :
1. Mengklarifikasi kebutuhan program
Langkah klarifikasi masalah terdiri atas enam langkah kecil : mengklarifikasi tujuan program dan pengguna, output, input, tugas- tugas pemrosesan, mempelajari kemungkinan program dapat bekerja, dan mendokumentasikan analisis.
1. Mendesain program
Untuk melakukannya hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat algoritma. Programmer menggunakan pemrograman berstruktur untuk membuat program tersebut.
2. Menulis Program
Penulisan Program disebut coding. Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman yang membentuk program.
3. Menguji program
Pengujian program meliputi menjalankan berbagai pengujian kemudian menjalankan data yang sebenarnya untuk memastikan program bekerja. Aktivitas utama adalah Desk- Checking dan debugging.
4. Mendokumentasikan dan memasukkan program
Menulis dokumentasi program merupakan langkah kelima dalam pemrograman. Hasil dokumentasi terdiri atas deskripsi tertulis tentang program dan bagaimana cara menggunakannya.

6.Bug perangkat lunak adalah kesalahan atau error logika yang terjadi dalam pembuatan program yang biasa disebabkan kesalahan pada struktur kontrol. Biasanya ada aktivitas yang dinamakan Debug untuk mencari kesalahan dari logika program tersebut.




Pembelajaran Tahap3

Pengetahuan Praktis
5. Ya saya sangat tertarik untuk mempelajari cara memprogram. Karena untuk membuat suatu program yang baik perlu dipelajari cara memprogram yang benar. Bahasa pemrograman yang ingin saya pelajari adalah bahasa C++ dan bahasa Java karena kedua bahasa itu yang paling banyak digunakan saat ini dalam berbagai macam pembuatan program-program.

Algoritma dari rumah ke kampus
1. Start
2. Ganti baju dan celana
3. memasukkan buku yang perlu dibawa
4. memakai sepatu
5. mengunci pintu rumah
6. berjalan sampai ke kampus
7. masuk ke kampus lalu mencari kelas.

PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Pertemuan 25-26

7. Bahasa mesin

Pertanyaan Benar /Salah
5. B
6. S

Pemeblajaran Tahap 2

4. Lima langkah :
      1. Mengklarifikasi kebutuhan program
Langkah klarifikasi masalah terdiri atas enam langkah kecil : mengklarifikasi tujuan program dan pengguna, output, input, tugas- tugas pemrosesan, mempelajari kemungkinan program dapat bekerja, dan mendokumentasikan analisis.
  1. Mendesain program
Untuk melakukannya hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat algoritma. Programmer menggunakan pemrograman berstruktur untuk membuat program tersebut.
  1. Menulis Program
Penulisan Program disebut coding. Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman yang membentuk program.
  1. Menguji program
Pengujian program meliputi menjalankan berbagai pengujian kemudian menjalankan data yang sebenarnya untuk memastikan program bekerja. Aktivitas utama adalah Desk- Checking dan debugging.
  1. Mendokumentasikan dan memasukkan program
Menulis dokumentasi program merupakan langkah kelima dalam pemrograman. Hasil dokumentasi terdiri atas deskripsi tertulis tentang program dan bagaimana cara menggunakannya.

6.Bug perangkat lunak adalah kesalahan atau error logika yang terjadi dalam pembuatan program yang biasa disebabkan kesalahan pada struktur kontrol. Biasanya ada aktivitas yang dinamakan Debug untuk mencari kesalahan dari logika program tersebut.


  1. Kategori bahasa computer/ Mindmap
1.Bahasa Generasi pertama : Bahasa Mesin
Bahasa mesin adalah bahasa dasar computer dimana hanya terdiri dari digit biner yaitu 1 dan 0.
2.Bahasa Generasi Kedua : Asembli
Bahasa Asembli merupakan bahasa pemrograman level rendah yang dipakai oleh seorang programmer untuk menulis program dengan menggunakan singkatan atau kata yang lebih mudah diingat dibandingkan angka.
3.Bahasa Generasi ketiga : Bahasa Level tinggi atau procedural
Bahasa level tinggi atau procedural/berorientasi objek, mirip dengan beberapa bahasa manusia dan sebagian bahasa procedural tidak tergantung pada mesin sehingga bisa digunakan pada lebih dari satu computer.
4.Generasi Keempat : Bahasa Level sangat tinggi/ Bahasa berorientasi masalah
Dengan bahasa ini pengguna dapat mengembangkan program dengan lebih sedikit perintah dibandingkan dengan bahasa procedural, meskipun memerlukan daya komputasi lebih besar.
            5.Generasi Kelima : Bahasa Alami
Bahasa alami merupakan bagian dari disiplin ilmu yang disebut kecerdasan tiruan.

  1. Pemrograman beroerientasi objek sangat erat hubungannya dengan pemrograman visul karena dengan adanya OOP maka pengguna dapat lebih mudah meminjam, menggunakan dan mengakses dengan meminjam bahasa OOP yang telah ada.
  2. Bahasa Markup adalah jenis coding atau tag yang disisipkan ke dalam teks yang memuat detail tentang struktur dan tampilan teks. Bahasa Markup memiliki kode untuk menunjukkan tata letak dan styling dalam suatu teks file. Sedangkan Script adalah daftar singkat dari perintah yang mengeksekusi sendiri yang ditambahkan dalam halaman web yang melakukan fungsi atau rutin khusus, skrip bisa melakukan pekerjaan sendiri tanpa keterlibatan pengguna.